Coba jelaskan Bang Haji, biar ibu - ibu dan para perempuan tahu apa maksud dari lagu itu," pinta Maia yang langsung mendapat penjelasan dari Rhoma Irama.

ANABERITA.COM, ANASeleb - Maia Estianty protes keras kepada Raja Dangdut Rhoma Irama terkait lagu yang diciptakan Rhoma berjudul Emansipasi Wanita. Pasalnya dalam lagu tersebut terdapat syair yang menjustifikasi kalau banyaknya pengangguran dikalangan pria gara - gara wanita bekerja.

"Nah, sekarang saya mewakili nih Bang Haji. Mewakili ibu - ibu dan kalangan perempuan yang protes lagunya Bang Haji yang salah satunya menyinggung wanita itu lemah," kata Maia dalam kunjungannya ke tempat rekaman Soneta dan diupload di Channel Youtube Maie ElAlDul.

Dikatakan Maia, dalam lagu tersebut Rhoma Irama katakan kalau perempuan itu lemah dan menjadi penyebab banyaknya pengangguran dikalangan pria.

Coba jelaskan Bang Haji, biar ibu - ibu dan para perempuan tahu apa maksud dari lagu itu," pinta Maia yang langsung mendapat penjelasan dari Rhoma Irama.

Dijelaskan Rhoma, lagu tersebut diciptakan ketika bersamaan muncul gerakan Emansipasi Wanita di luar negeri, khususnya di Eropa.

"Saya melihat ketika itu ada hal yang kurang tepat dalam menterjemahkan emansipasi wanita. Wanita dan pria mau disamakan padahal secara kodratnya memang berbeda.

Dikatakan Rhoma, yang dimaksud lemah adalah ketika perempuan melahirkan, haid dan menyusui maka menjadi lemah dalam artian aktivitasnya akan terkurang dan tidak leluasa.

"Tapi dalam kalimat lainnya kita juga mengatakan bahwa wanita boleh bekerja tetapi jangan sampai melupakan tugas utamanya yaitu menjadi seorang istri dan ibu dari anak - anak mereka," kata Rhoma.

Sebab kalau kelewatan, kata Rhoma, maka akan berbahaya bagi keutuhan rumah tangga dan pendidikan anak - anak. "Itu yang saya bisa jelaskan dalam lagu Emansipasi Wanita," kata Rhoma.

Sekadar informasi, lagu Emansipasi Wanita sempat tenar di era 90-an. Lagu tersebut sebagai kritik sosial yang dilakukan Rhoma Irama terhadap fenomena sosial yang terjadi dimasa itu. 

Dan bukan hanya lagu Emansipasi Wanita, mayoritas lagu yang diciptakan dan dinyanyikan Rhoma merupakan kritik sosial, mulai dari Judi, Sumbangan, Qur'an dan Koran, Buta Tuli dan lain sebagainya. (dbs)